Apa itu GO, AO, HTTP dan Organitational skill?

 


Apa itu GO, AO, HTTP dan Organitational skill?

 

Pertama-tama perkenalkan nama saya Abie dari jurusan Teknik Informatika/Computer Science Binusian 2019.

             GOadalah singkatan dari General Orientation. Dimana seluruh mahasiswa baru dikenalkan secara umum mengenai lingkungan serta aturan yang ada di Binus University secara umum. GO dibagi menjadi beberapa kelas dengan tanggal yang berbeda. Jadwal General Orientation yang saya ikuti pada tanggal 27 juli – 1 agustus 2015, yang diadakan di kampus Binus Syahdan dan kampus Binus Anggrek. General Orientation diikuti oleh seluruh mahasiswa baru, tepatnya Binusian 2019. Dengan tema “I Am a Global Citizen.”

General Orientation merupakan bagian dari kegiatan FEP (Freshmen Enrichment Program) yang diselenggarakan oleh Binus untuk khusus untuk seluruh mahasiswa baru agar dapat beradaptasi dengan kehidupan yang ada di kampus Binus University dan menambah pengetahuan mengenai apa saja yang ada di Binus. Tujuan dari diselenggarakannya GO (General Orientation), yaitu mengenalkan lingkungan Binus University, mengenal serta memahami peraturan dan registrasi selama pekuliahan berlangsung, mengetahui organisasi kemahasiswaan yang ada di Binus.

Hari pertama GO dimulai dengan Briefing di kampus Binus Syahdan, masuk ke kelas berdasarkan kartu FEP, saya masuk di kelas ABN 15. Briefing dijelasin selama General Orientation berlangsung para buddy/mahasiswa baru diwajibkan menggunakan kemeja putih polos, celana bahan hitam, sepatu kets, membawa bekal makanan serta Binusian Card Flazz yang wajib dipakai selama berada di lingkungan kampus Binus University.

Capture

Selain itu selama di kelas kami semua memperkanalkan diri dan motivasi masuk Binus. Selama GO kita dibimbing oleh BC (Buddy Cordinator) yang tugasnya membimbing para buddy dan menjelaskan materi-materi selama General Orientation. Buddy Cordinator yang membimbing cukup baik sehingga kitapun tidak sungkan untuk bertanya.

Di hari kedua General Orientation ada Binus Journey. Hari ketiga, tepatnya hari rabu 29 juli 2015 diadakan upacara di kampus Syahdan yang bertujuan untuk menyambut mahasiwa baru binusian 2019 yang diresmikan dengan menerbangkan balon-balon berwarna-warni ke udara dan mengenalkan rektor dan dosen beserta jajarannya. Setelah upacara kita menuju ke Binus Anggrek untuk diajarkan mengenai kegunaan dan cara menggunakan Binus Maya. Pada hari kamis membahas mengenai sukses kuliah dan aturan tata tertib kehidupan kampus serta membahas mengenai perkuliahan, ujian, dan registrasi. Pada hari jumat, acara yang cukup menghibur dan menarik yaitu bunga rampai. Acara ini mendemokan UKM yang ada di Binus. Setelah acara bunga rampai selesai, kita mengikuti acara kerohanian sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing. Pada hari sabtu diadakan EXPO yang meliputi HMJ dan UKM kemudian General Orientation diakhiri dengan acara keberasamaan, yang mana seluruh kelas ABN berkumpul untuk menampilkan yel-yel dari masing-masing kelas dan ditutup dengan oleh yel-yel Buddy Cordinator.

Saya rasa kegiatan GO cukup bermanfaat bagi para mahasiswa baru untuk mengenal kehidupan kampus Binus University dan dapat menambah teman-teman baru. Setiap sesi dan acara dikemas dengan cukup attractive.

Capture2


AO adalah Academic Orientation. AO diadakan tanggal 7 – 19 September 2015. AO diikuti oleh seluruh mahasiswa baru tepatnya binusian 2019. Untuk jurusan Teknik Informatika diadakan di kampus Binus Anggrek. Tujuan AO ,yaitu mempelajari materi dasar jurusan/program, study skill, mengenali kurikulum yang digunakan, mengenal dosen atau pembimbing akademik.

AO dibagi menjadi beberapa course, yang terdiri dari computer science, kurikulum, academic advisory, support center to your succes. Untuk computer science course materi yang dipelajari, yaitu mempelajari materi dasar algoritma, mempelajari reading, writing, presentation skill dengan benar, membuat mindmap, dan mengenal teknologi informasi. Untuk curiculum course, mahasiswa baru dikenalkan kurikulum yang digunakan Binus khususnya jurusan Teknik Informatika. Untuk academic advisory course, mahasiswa dikenalkan dosen pembimbing akademis untuk membimbing mahasiswa selama berkuliah di Binus. Pembagiannya setiap satu kelompok yang terdiri dari sepuluh mahasiswa akan dibimbing oleh satu dosen. Untuk support center to your succes course, mahasiswa dikenalkan apasaja yang bisa mendukung mahasiswa selama perkuliahan selain itu membahas mengenai enterpreneur sukses.

AO diakhiri dengan ujian, ujiannya dibagi menjadi dua jenis. Ujian pertama menggunakan komputer, kita disuruh membuat program sesuai dengan perintah soal. Ujian kedua kita disuruh membuat story board dengan topik yang dapat dipilih bebas bersarkan topik soal.

Menurut pendapat saya, setelah mengikuti AO saya mendapatkan gambaran mengenai bagaimana cara belajar di kuliah, cara menyesuaikan dengan jadwal kuliah, serta mendapat gambaran mengenai ujian.


            HTTP adalah singkatan dari HIMTI Togetherness and Top Performance. HTTP tahun ini mengangkat tema “SHINE” yang diadakan pada tanggal 12 September 2015 diselenggarakan di BPPT II Building, auditorium 3rd lokasinya di JL. M. H Thamrin no.8 Jakarta pusat. Acara HTTP diikuti oleh mahasiswa binusian 2019 fakultas SOCS (School Of Computer Science). Tujuannya untuk mengumpulkan mahasiswa Teknik Informatika, GAT, MAT, Cyber Security, TI-Matematika, TI-Statistika yang mana tergabung dalam fakultas SOCS. Selain dapat mengikuti acara HTTP, peserta HTTP bisa mendapat PBC (Pembelajaran Bahasa C).

Capture3

Setelah sampai di BPPT II, kemudian kita menuju auditorium. Kemudian peserta menuliskan NIM untuk absensi, sebelum masuk ke auditorium terdapat showcase dimana para peserta diperbolehkan mencoba game serta aplikasi yang dibuat oleh mahasiwa HIMTI. Acara HTTP dimulai dengan penampilan solo mahasiswa TI. Kemudian kata sambutan dari panitia HTTP, ketua HIMTI Kemanggisan, ketua HIMTI Alam Sutera. Kemudian kata sambutan dari dosen serta perkenalan rekan-rekan dosen yang akan membimbing mahasiswa School Computer Of Science.

Acara selanjutnya ada talkshow dengan bintang tamu yaitu Laksamana Mustika dan Tyovan A W. Mereka adalah orang yang sukses di usia muda, talkshow ini membahas megenai bagaimana cara menjadi seorang technopreneur sukses. Kesimpulan yang dapat saya ambil dari talkshow ini adalah jika ingin menjadi orang yang sukses dibutuhkan kerja keras untuk mendapat kesuksesan yang ingin kita capai. Jika sudah punya niat dan passion apapun tantangan dan tekanan akan bisa dihadapi.

Kemudian ada visualisasi disertai flashmob oleh para panitia HTTP. Kemudian pengumuman pemenang kontes foto melalui instagram, hadiah kejutan, dan door prize. Acara HTTP ditutup dengan penampilan DJ. Setelah acara selesai para peserta dibagikan goodie bag yang berisi kaos, merchandise, HIMTI eksclusive pin, dan HIMTI kit 2015. Menurut saya acara HTTP cukup menarik, dapat menambah dan mengenal teman-teman baru selain itu talkshownya cukup menginspirasi.


            Organitational skill adalah kemampuan atau keahlian yang diperlukan seseorang untuk mengatur organisasi. Organitational skill dapat didapat melalui latihan seperti megikuti kegiatan organisasi atau kegiatan lainnya. Organitational skill berkaitan dengan softskill, softskill adalah keterampilan yang dapat diasah dan dikembangkan. Contoh dalam mengembangkan organitational skill dapat dikembangkan melalui organisasi, dalam organisasi seseorang dapat mempelajari keterampilan memimpin, keterampilan berkomunikasi, keterampilan negosiasi, keterampilan mempresentasikan sesuatu, keterampilan berbicara di depan publik. Keterampilan berorganisasi dapat dilatih dan dapat berkembang seiring dengan pengalaman dalam berinteraksi dan beraktivitas dengan orang lain.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah informasi bagi para pembaca. Sekian dan terima kasih.


About abie0812

"dream high as high when you fall, you will fall among the stars in the sky"
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *